Senin, 22 Desember 2014

Sound-sound Dasar Beatbox

Hai Reads! Udah lama saya nggak nge-blog. Ceritanya kemarin lagi sibuk-sibuknya belajar buat UAS. Sekarang udah liburan dan nggak ada kerjaan, yaudah ngeblog deh... (yee.. malah curhat).

Jadi gini Reads, akhir-akhir ini saya mulai tertarik ke dunia Beatbox. Apa itu Beatbox? Yealaaahh.. nggak gaul banget sih.. :D. (ini bercanda, jangan masukin hati apalagi masukin mulut, bisa keselek ntar :v). Beatbox itu semacam musik yang hanya mengandalkan suara mulut. Semacam Acapella gitu, cuman kalo Acapella genrenya pop kalo Beatbox genrenya hip-hop (ngawur nih, mau percaya mau enggak terserah :D). Udah ah! bercanda terus dari tadi.. langsung ke materi aja yaa..

Dalam beatbox ada 3 macam sound yang paling paling paling paling paling paliiiiinnng dasar. Sound kick bass (B), Hi Hat (T), dan Snare (K). Langsung aja kita pelajari satu-satu Reads!

1. Kick Bass
    Sound ini dasarnya niruin suara bass drum. Yang mana? yang tabung paling besar itu looh, yang cara mainnya si drummer nginjek pedal. Udah tau kan? Cara bunyiinya kalian kaya ngomong 'Be' tanpa huruf vokal (e). Latihan paling gampang kalian ngomong "Buff" tapi suara "u"nya agak diilangin.

2. Hi Hat
    Sound ini juga dasarnya niruin suara dari drum. Bagian mana tepatnya, saya kurang tahu. Cara bunyiinya kalian ngomong "Te" tanpa huruf vokal (e). Latihan paling gampang kalian kaya ngomong "tchi" tapi suara "i"nya agak disamarin, jadi suaranya kaya "tch" doang.

Tanpa kalian sadar, sebelum kalian tau beatbox sebagian besar dari kalian pasti pernah ngebuat suara-suara diatas. Entah disengaja atau nggak sengaja. Hayoo ngakuuu....

3. Snare
    Sound ini agak sulit dibunyiin dan nggak bisa sekali coba dapet. Cara bunyiinnya kaya ngomong "Ka" tanpa huruf vokal (a). Latihan paling gampangnya... emmm.. saya sendiri masih bingung gimana jelasin ke kalian. Jujur aja saya sampe berhenti nulis buat mikir sampe 15menitan lebih. Kalo mau lebih aman dan jelas, kalian bisa cek di YouTube video tutorialnya.

Oke, mungkin segini dulu bahasan saya tentang beatbox. Saya juga sebenernya masih belajar, dan 3 sound diatas udah saya kuasai dengan fasih (eaaa.. sombooonggg). Jangan lupa Reads, follow saya di @Fi_kuun. Sekian. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar